Salam Sebelum Imam selesai Salam

kaligrafi-bismillahirrahmanirrahim-i3

Soal

Jika seorang makmum salam sebelum salam kedua imam apakah sholat si makmum berubah menjadi sholat sunnah ? Apakah wajib baginya mengulang sholat ? Jazakumullahu khairan

Jawab :

Wajib bagi setiap  orang untuk mengikuti imamnya, tidak mendahului, tidak menyamai dan tidak pula terlalu lama di belakangnya. Maka ada 4 keadaan bagi seorang makmum :

yang mendahului imam,maka ini haram dan sholatnya batal. Seperti orang yang takbir sebelum imam takbir, salam sebelum imam salam,ruku’ sebelum imam ruku’, bangkit sebelum imam bangkit.

yang menyamai imam, ini juga tidak boleh. Seperti imam turun untuk sujud dan kamu juga ikut sujud ketika itu. Harusnya, tunggu imam sampai ke lantai dan meletakkan dahinya, baru kemudian kamu membungkuk untuk sujud, walaupun dia lebih rendah dibanding kamu tapi imam turun dan kamu turun maka ini tidak boleh. Biarkan dia menyempurnakan berdirinya; biarkan dia menyempurnakan turun untuk sujud; biarkan dia menyempurnakan kedua salamnya.

Sebagian orang melakukan perbuatan ketika imam selesai dari salam pertama maka makmum langsung ikut melakukan salam pertama. Maka, yang seperti ini tidak boleh. Dua salam ini seperti satu rangkaian. Jika imam salam pertama maka kamu menunggu, lalu sang imam salam kedua kamu tunggu sampai selesai dari kedua salam itu. Jika imam sudah usai dari kedua salam, jika kamu masbuq maka kamu takbir dan bangkit untuk berdiri. Jika kamu bersamanya sejak awal sholat, maka kamu salam setelah imam selesai dari kedua salamnya. Wallahul musta’an.

Posted in FATWA | Comments Off on Salam Sebelum Imam selesai Salam

Comments are closed.